Senin, 11 Mei 2015

Sup IGA


Assalamualaikum,,,
Lamaaa....rasanya gak update blog.  Lagi padet2nya aktivitas, apalagi ditambah pegawai yang keluar masuk, dobel dech rempongnya. :) Btw disyukuri ajalah ya...

Hemmm,,, musim hujan kayak gini paling mantep emang makan yang anget  dan kaya lemak. Biar badanku yang ramping (baca kurus) ini tetap terasa hangat. Beberapa minggu ini sering banget beli makanan di luar, maklum aktivitas warung yang tak bisa disambi sama sekali. Menu yang sering dibeli suamiku akhir akhir ini adalah sup iga dan iga goreng. Awalnya sih coba2 ke resto baru yang ada di kota kami. Setelah nyoba, lumayan dan cocok dilidah kami.

Sup iga bukan menu baru dalam kamus makanan sehari2 kami. Klo sempat sesekali aku pasti masak sup iga ini,,, sekalian ngintip isi kocek juga hahahaa. 

Sebenarnya sup iga ini sangat simple bumbunya, cuma masak iga nya itu lohhhhh. Yang seharian,secara aku gak punya panci presto hihihi...ndeso yah. Biasanya pinjem punya ibuk, tapi kalo males pinjem ya harus sabar  merebus daging iganya sampai empuk puk puk.
Penambahan kayu manis dan cengkeh membuat sup ini tak terasa amis sama sekali. Apalagi klo ditambah potongan tomat, ihhh tambah syeger...Daun bawang yang masih crunhcy juga menambah mantap rasa sup ini. Pasti udah pada ngiler ngbayanginnya...


Ini resepku >>>
 SUP IGA
ala Nia Septiana
Bahan :
1/2 kg iga sapi
2 ltr air
5 bh bawang putih
5 bh bawang merah
1 bks ladaku
pala secuupnya
5 - 10 cm kayu manis
1 sdm kecap
kaldu bubuk
garam
4 buah cengkeh
1 bh bawang bombay ukuran kecil (potong memanjang)
daun seledri
daun bawang
 minyak utk menumis
Bahan pelengkap : irisan tomat, sambal kecap dan bawang goreng.
Cara membuat :
Rebus iga dng 2 ltr air smpai agak empuk, masukkan kayu manis dan cengkeh.
Haluskan bawang putih dan bawang merah, tumis bersama bawang bombay  tambahkan ladaku dan pala bubuk.
Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging iga yg agak empuk, tambahkan garam, kaldu bubuk dan kecap manis masak sampai empuk.
Masukkan seledri dan potongan daun bawang ke dalam sup ketika akan dihidangkan. Siap disantap...
-----Selamat mencoba-------




Tidak ada komentar:

Posting Komentar